Cara Berkunjung Taman Nasional Komodo

Cara Berkunjung Taman Nasional Komodo, Sewa Motor Matic Bali | Scooter Matic Bali

Cara tepat berkunjung ke taman nasional komodo. Berkunjung ke Taman Nasional Komodo adalah agenda yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Labuan Bajo.

Bertempat di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, objek wisata ini menawarkan macam-macam keindahan seperti pantai berpasir putih hingga padang rumput yang menenangkan.

Taman Nasional Komodo

Perjalanan Labuan Bajo menjadi salah satu lokasi wisata NTT pun terbilang panjang. Sebelum membahas cara berkunjung, mari kita simak persembahan kami SewaMotorMaticBali tentang prospek pariwisata yang ditangani pemerintah!

Pengembangan pariwisata Labuan Bajo pada 2021

Labuan Bajo yang merupakan ibu kota Manggarai Barat adalah salah satu dari 19 kelurahan dan desa yang berlokasi di Kecamatan Komodo. Anda yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo pasti akan bertandang dulu ke sini. 

Menurut catatan sejarah, Labuan Bajo kali pertama ditempati suku Bajo yang berasal dari Sulu, Filipina Selatan. Sekarang, Labuan Bajo menjelma jadi gerbang destinasi wisata dunia.

Bahkan Presiden Joko Widodo berencana melanjutkan pembanganan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN Labuan Bajo. 

Pembangunan lanjutan untuk tata kawasan wisata berlangsung dari 2019 sampai 2021. Pertama, ada penataan Puncak Waringin yang kan selenggarakan bertahap sepanjang 2019-2020. Wisatawan yang berniat berkunjung ke Taman Nasional Komodo mungkin akan melihat perubahannya.

Sementara pada 2020 akan ada bangunan komersil seluas 525 m2 dengan tinggi dua lantai.  Kemudian, akan ada Ruang Terbuka Publik seluas 1.700 m2 yang dilengkapi amfiteater seluas 267 m2 dengan area parkir 235 m2. Proses penataan lanjutan nantinya akan dilaksanakan ke Kampung Batu, salah satu daerah penyangga di Labuan Bajo.

Baca juga panduan lainnya seperti:

Cara Berkunjung Ke TNK Flores Barat

Sambil menunggu pembangunan tersebut selesai, Anda bisa mengisi liburan dengan berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

Cara Berkunjung Taman Nasional Komodo, Sewa Motor Matic Bali | Scooter Matic Bali

Kawasan wisata ini mencakup Pulau Komodo yang pada 2011 sempat masuk daftar 7 Keajaiban Dunia.

Adapun dua pulau lain yang masuk ke wilayah taman nasional ini, yaitu Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Pulau Komodo bertempat di ujung barat Nusa Tenggara Timur. Namanya diilhami komodo, hewan purba yang hanya bisa Anda jumpai di Indonesia.

Spesies kadal terbesar tersebut memiliki panjang rata-rata 2-3 meter dengan bobot badan sekitar 90 kilogram.

Selain berkunjung ke Pulau Komodo, Anda yang menyukai wisata bahari wajib menengok keindahan laut.

Serunya ikut tur memancing sekitar Labuan Bajo

Ada satu lagi kegiatan seru saat Anda berkunjung ke Taman Nasional Komodo: tur memancing! Tidak sulit mememukan penyedia tur memancing di sana.

Sebut saja Phinisi Semara I & II dan Mata Komodo. Fasilitas sailing tour yang mereka tawarkan mencakup sewa speed boat day trip hingga open deck komodo sharing boat. Khusus untuk Mata Komodo, ada sewa liveonboard dan kapal memancing dengan slide nya. 

Cara Berkunjung Taman Nasional Komodo, Sewa Motor Matic Bali | Scooter Matic Bali

Lantas, bagaimana caranya agar Anda sampai ke Taman Nasional Komodo? Anda yang pengin cara cepat dapat mengambil penerbangan Denpasar-Labuan Bajo.

Wisatawan juga bisa mengandalkan speed boat atau fast boat yang mengarah ke sana buat berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Nah pastikan Anda menyiapkan stamina sebaik mungkin supaya tak cepat kelelahan menempuh perjalanan ke objek wisata ini.

FAQ Seputar TNK Labuan Bajo

Bisakah wisatawan bertemu komodo langsung?

Bisa, untuk melihat cukup kunjungi pulau rinca situs warisan dunia UNESCO dan hanya saja wisatawan harus hati-hati dan mengamatinya dari kejauhan. Jangan lupa menggunakan Ranger guide local disana.

Rute mana yang harus dilewati menuju Labuan Bajo?

Wisatawan biasanya diarahkan dulu transit ke Bali sebelum meneruskannya ke Labuan Bajo.

Bagaimana cuaca dan suhu di Pulau Komodo?

Pulau Komodo punya cuaca yang relatif panas dan lembab.

Apa larangan yang harus dipatuhi saat mampir ke sabana?

Karena sabana mudah terbakar, wisatawan dilarang merokok atau bawa korek api ke sana.

Apa wisatawan harus bawa obat khusus?

Wisatawan disarankan membawa losion atau obat anti-nyamuk. Juga jangan lupa membawa sun block tuk terhindar dari iritasi sinar matahari yang terik.

Temui juga penawaran kami:

Sampai jumpa di TNK Bajo

Demikian informasi seputar Taman Nasional Komodo beserta kegiatan dan cara yang bisa Anda ambil buat berkunjung ke sana. Semoga rencana berkunjung anda berjalan lancar dan tanpa hambatan!

Adminmotormatic | Cara Berkunjung Taman Nasional Komodo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *