srombotan

Srombotan Bali, Kuliner Tradisional Pulau Dewata

Diposting pada

Srombotan Bali, Makanan Tradisional khas Bali yang wajib kamu coba

Berwisata ke Bali tidak harus mengunjungi pantai, villa, danau, dan destinasi-destinasi wisata yang sudah mainstream. Sekali-kali patut dicoba untuk melakukan wisata kuliner ke Bali. Walaupun banyak komposisi makanan yang hampir sama dengan makanan di Indonesia lainnya, namun makanan di Bali memilki khas tersendiri, seperti rasa pedas dan campuran berbagai bumbu rempah-rempah yang sangat terasa. Salah satu makanan tradisional khas Bali adalah Srombotan.

Makanan Tradisional Khas Bali

Selain ayam betutu yang terkenal, banyak makanan tradisional khas bali lainnya seperti Srombotan, yang mungkin masih terdengar asing bagi masyarakat diluar Bali. Berikut ini ulasan tentang Srombotan:

  1. Komposisi Srombotan Bali

Srombotan Bali merupakan makanan tradisional khas bali yang komposisi utamanya adalah sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Srombotan Bali merupakan makanan khas Klungkung yang banyak disukai turis maupun warga lokal karena termasuk makanan vegetarian. Biasanya dalam srobotan berisi sayur Kecipir atau buah botor muda, lalu ada pare, tauge, kubis, terong bulat yang dimasak setengah matang.

Bumbu untuk sayur-sayuran tersebut adalah dengan santen kental yang sudah dibumbui tumbukan bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, ketumbar dan sedikit kencur, bumbu tersebut disebut dengan bumbu kalas oleh orang Bali. Nasi yang dihidangkan dengan sayur ini pun berbeda, nasi khas Bali yang disebut oran sele yaitu nasi dengan campuran ubi jalar adalah nasi pelengkap srombotan. Terakhir, srombotan Bali juga akan diberi taburan kacang tanah goreng sebagai pelengkap.

  1. Restoran Yang Menyediakan Srombotan

Walaupun Srombotan  merupakan makanan tradisional khas bali yang berasal dari Klungkungan, namun banyak restoran yang menyediakan menu srombotan diseluruh penjuru Bali. Bahkan, ada restoran yang sangat terkenal seperti Made’s Warung restaurant yang menjadikan srombotan Bali sebagai salah satu menu utama. Sehingga srombotan pun menjadi mendunia. Ada salah satu acara TV kuliner yang terkenal yaitu Maknyus yang juga meliput srombotan di restoran made karena terkenal akan kelezatannya.

  1. Keunikan Srombotan Bali

srombotan bali

Srombotan merupakan makanan tradisional khas Bali versi gado-gado Bali. Jika gado-gado memilki khas bumbu lezat terbuat dari kacang tanah dan bumbu lainnya yang dihaluskan sebagai saus saturan, namun di Bali kacang tanah tersebut hanya ditaburkan saja. Selain itu, taburan bumbu Srobotan juga bermacam-macam, ada yang berupa santan kental, ada yang berupa parutan kelapa tua yang dicampuri rempah-rempah yang dihaluskan dan dibakar di api kecil yang disebut sambel nyuh.

Macam-macam bumbu tersebut terbentu karena makanan Bali juga terpengaruh oleh bumbu makanan khas Jawa, didukung dengan banyaknya masyarakat Jawa yang berimigrasi ke Bali. Sehingga juga ada bumbu dengan kacang yang dihaluskan seperti bumbu gado-gado di Jawa, namun komposisi bahannya yang berbeda. Selain dicampur dengan bawang merah, putih dan cabai, ada juga campuran terasi dan gula Bali yang membuat citarasanya berbeda dan unik. Ada variasi bumbu lainnya yaitu, tumbukan cabai, terasi, garam yang diberi perasan jeruk purut.

Dengan banyaknya keunikan, variasi dan kelezatan srombotan sebagai salah satu masakan tradisional khas Bali, Srombotan juga memilki harga yang sangat terjangkau. Jika anda membeli di warung tenda pinggir jalan, anda dapat merasakan srobotan hanya dengan Rp. 5.000 saja, namun jika mengunjungi restoran yang memang borjuis, maka anda juga harus merogoh kocek lebih dalam. Bagi para pecinta kuliner, harga bukanlah masalah utama yang dihadapi namun kepuasan atas citarasa yang lezat dan khaslah yang menjadi tujuan utamanya.

Tinggalkan Jejak Mu
[0]
Gambar Gravatar
Website ini menawarkan sewa motor murah di Bali. melayani antar jemput ke Bandara dan Wisata di Bali. Motor Matic Bali | Sewa Rental Motor Bali under gotravela indonesia. Contact Ilham di Motor Matic Bali +62 852-7852-7205

Tinggalkan Balasan